Kamis, 30 Oktober 2014

Carilah Teman Yang Baik

Berkata Muhammad bin Sholih Al 'Utsaimin rahimahullah:

"Hendaknya para pemuda memilih orang yang akan di jadikan sebagai teman adalah orang yang memiliki kebaikan, manfaat dan akal dalam rangka agar dia bisa mendapatkan darinya kebaikan, manfaat dan akalnya.

Hendaknya manusia mempertimbangkan dahulu sebelum menjadikan mereka sebagai teman, dengan cara mencari tahu tentang keadaan mereka dan reputasi mereka. Apabila mereka memiliki akhlaq yang mulia, agama yang lurus dan reputasi yang baik, maka mereka adalah sesuatu yang hilang yang di cari dan sesuatu yang bermanfaat yang di jaga, maka peganglah erat-erat mereka.

Dan jika keadaannya tidak demikian, maka wajib untuk berhati hati dari mereka dan menjauhi mereka. Hendak nya tidak tertipu dengan ucapan manis dan penampilan luar yang bagus, karena hal itu merupakan tipu daya dan penyesatan yang di tempuh oleh orang-orang jahat agar mereka bisa memikat manusia, dengan tujuan membesarkan kelompok mereka dan menutupi dengan hal tersebut apa yang rusak dari keadaan mereka."

Min Musykilatisy Syabab

F.I.S Forum Ikhwah Salafiyyin
منتدى الإخوان السلفيين

قال ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺻﺎﻟﺢ ﺍﻟﻌﺜﻴﻤﻴﻦ حفظه الله :

ﺃﻥ ﻳﺨﺘﺎﺭ ﺍﻟﺸﺎﺏ ﻟﺼﺤﺒﺘﻪ ﻣﻦ ﻛﺎﻥ ﺫﺍ ﺧﻴﺮ ﻭﺻﻼﺡ ﻭﻋﻘﻞ ، ﻣﻦ ﺃﺟﻞ ﺃﻥ ﻳﻜﺘﺴﺐ ﻣﻦ ﺧﻴﺮﻩ ﻭﺻﻼﺣﻪ ﻭﻋﻘﻠﻪ ،

ﻓﻴﺰﻥ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻗﺒﻞ ﻣﺼﺎﺣﺒﺘﻬﻢ ﺑﺎﻟﺒﺤﺚ ﻋﻦ ﺃﺣﻮﺍﻟﻬﻢ ﻭﺳﻤﻌﺘﻬﻢ، ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﺫﻭﻱ ﺧﻠﻖ ﻓﺎﺿﻞ ﻭﺩﻳﻦ ﻣﺴﺘﻘﻴﻢ ﻭﺳﻤﻌﺔ ﻃﻴﺒﺔ ﻓﻬﻢ ﺿﺎﻟﺘﻪ ﺍﻟﻤﻨﺸﻮﺩﺓ ﻭﻏﻨﻴﻤﺘﻪ ﺍﻟﻤﺤﺮﺯﺓ ﻓﻠﻴﺴﺘﻤﺴﻚ ﺑﻬﻢ

ﻭﺇﻻ ﻓﺎﻟﻮﺍﺟﺐ ﺍﻟﺤﺬﺭ ﻣﻨﻬﻢ ﻭﺍﻟﺒﻌﺪ ﻋﻨﻬﻢ ﻭﺃﻥ ﻻ ﻳﻐﺘﺮ ﺑﻤﻌﺴﻮﻝ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﻭﺣﺴﻦ ﺍﻟﻤﻈﻬﺮ ، ﻓﺈﻥ ﺫﻟﻚ ﺧﺪﺍﻉ ﻭﺗﻀﻠﻴﻞ ﻳﺴﻠﻜﻪ ﺃﺻﺤﺎﺏ ﺍﻟﺸﺮ ﻟﻴﺠﺬﺑﻮﺍ ﺑﺴﻄﺎﺀ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻟﻌﻠﻬﻢ ﻳﻜﺜﺮﻭﻥ ﺳﻮﺍﺩﻫﻢ ﻭﻳﻐﻄﻮﻥ ﺑﺬﻟﻚ ﻣﺎ ﻓﺴﺪ ﻣﻦ ﺃﺣﻮﺍﻟﻬﻢ

ﻣﻦ ﻣﺸﻜﻼﺕ ﺍﻟﺸﺒﺎﺏ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar